ubiqu untuk unbk

UBIQU membantu dalam UNBK 2018 di sekolah daerah

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMA/SMK dan MA tinggal menghitung hari. Berdasarkan Jadwal KENEMNDIKBUD UNBK untuk SMK tanggal 2-5 April 2018 sedangkan tingkat SMA/MA tanggal 5-7 April 2018.

Bagi sebagian besar sekolah di Kabupaten MTB khsusnya yang berada di wilayah Tanimbar Utara yang merupakan salah satu kecamatan perbatasan, tahun 2018 menjadi tantangan tersendiri, karena baru kali ini mereka menerapkan sistim UNBK.

Menurut Kepala SMA Cor Iesu Larat Bapak Alo Hurlatu, menghadapi UNBK 2018 pihaknya sangat khawatir dengan jaringan internet. Maklum saja di sekolah tersebut belum ada jaringan internet.

Kekhawatiran yang sama juga dirasakan Kepala SMA Negeri I Tanimbar Utara Bapak Pembuain, “Disekolah ada server dan komputer client 20 unit namun tidak ada jaringan internet.” Ungkap Pembuaian.

Kekhawatiran kedua kepala SMA itu akhirnya terobati setelah menghubungi Agen UBIQU (Pak Ulis Kelbulan) pada tanggal 1 Maret 2018.

Dua hari setelah percakapan via telpon tersebut, akhirnya Tim UBIQU menuju Larat. Bus DAMRI yang kami tumpangi meluncur dari Terminal Omele menuju Siwahaan kurang lebih 188 km.

Setelah 4,5 jam perjalanan kamipun tiba di Siwahaan pada hari Jumat sore pukul 17.00 WIT. Dari Siwahaan tim UBIQU menyeberang ke Larat dengan menggunakan perahu tradisional. Tak ada kata lelah, tim bergerak cepat untuk menginstal Perangkat UBIQU dan SINYALKU pada dua sekolah tersebut, mengingat hari Senin tanggal 5 Maret 2018 merupakan jadwal simulasi tahap akhir untuk tingkat SMK sekaligus jadwal sinkron server sekolah dengan server UNBK.

Setelah proses instalasi dan TMO maka jaringan internet pada SMA Cor Iesu dan SMA Negeri I Larat siap dugunakan untuk UNBK 2018. Sejumlah sekolah seperti SMA Kristen, SMK Larat maupun beberapa SMA terdekat menggunakan dua sekolah tersebut sebagai tempat UNBK karena telah tersedia jaringan internet UBIQU dan juga perangkat Server dan PC Client.

Kendati baru 2 sekolah di Tanimbar Utara menggunakan UBIQU namun dipastikan seluruh SMA/SMK yang ada akan berjuang untuk pengadaan UBIQU tahun ini agar tahun 2019 sudah bisa melaksanakan UNBK di sekolahnya masing-masing.