ubiqu bala balakang

Cerita Pemasangan Ubiqu di Gugusan Kepulauan Bala Balakang Timur

Menghadirkan akses internet di suatu daerah yang berada di pedalaman memang cukup sulit, seperti harus menempuh ke lokasi yang akan memakan waktu  serta kondisi jalan, daerah hingga cuaca yang terkadang tak menentu. Namun #teamubiqu selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan akses internet di seluruh daerah di Indonesia sekalipun di ujung batas NKRI.

Kali ini #teamubiqu berkesempatan untuk melakukan pemasangan akses internet di tiga pulau sekaligus yaitu Pulau Lamuda’an, Pulau Labiah dan Pulau Popongan yang merupakan pulau kecil berpenghuni diantara gugusan kepulauan Balabalakang Timur Kab. Mamuju Prov. Sulawesi Barat.

Pemasangan UBIQU kali ini bertujuan untuk menghadirkan akses internet untuk memenuhi kebutuhan akses komunikasi warga antar pulau dengan keluarga yang bertempat  tinggal di Kalimantan dan Sulawesi serta sekaligus sebagai sumber informasi dari luar pulau.

#teamubiqu terdiri dari Pak Adi bersama rekannya Pak Ruru serta Teknisi PSN, memulai keberangkatan sejak pagi hari dari kota Mamuju.

Untuk menuju ke tiga pulau tersebut #teamubiqu menggunakan transportasi kapal laut perintis KM. ENTEBE EXPRESS selama kurang lebih 18 jam perjalanan untuk sampai ke Pulau Popongan.

Saat malam tiba, #teamubiqu sudah tiba di Pulau Popongan, namun untuk efisiensi waktu, instalasi pemasangan perangkat akan dimulai dengan mendatangi kedua pulau terdalam dahulu yaitu Pulau Lamuda’an dan Pulau Labiah, dimana untuk sampai di pulau tersebut harus menggunakan transportasi perahu ketinting (perahu kecil).

Waktu tempuh ke Pulau Lamuda’an memakan waktu 2 jam perjalanan, sementara Pulau Labiah sendiri memakan waktu 1 jam perjalanan dari Pulau Lamuda’an.

Selesai melakukan instalasi di kedua pulau tersebut, #teamubiqu kembali ke Pulau Popongan untuk melanjutkan instalasi terakhir perangkat UBIQU.

Setelah UBIQU terpasang, banyak warga yang langsung mencoba akses internet, mereka merasa begitu senang karena kini dengan mudah dapat menghubungi kerabat di luar pulau, serta dapat merasakan  kemudahan memperoleh informasi terkini.

Sebelum bertolak balik ke Mamuju, #teamubiqu diberikan buah tangan oleh warga setempat berupa lobster besar dan segar. Bagi #teamubiqu perjuangan menghadirkan UBIQU di berbagai daerah di Indonesia menjadi kebanggaan sendiri demi mendukung nusantara dapat terhubung dengan akses internet.