UBIQU Hadirkan Akses Internet Di Puskesmas Kep. Tanimbar

Kabupaten Kepulauan Tanimbar atau dahulu di sebut Maluku Tenggara Barat merupakan salah satu daerah terluar dari NKRI. Kabupaten ini merupakan kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Maluku Tenggara pada tahun 2002.

Saat ini Kabupaten Kepulauan Tanimbar telah memiliki 12 Puskesmas dan 2 Rumah Sakit Negeri serta Swasta. Dengan kota Saumlaki sebagai ibu kota kabupatennya.

Saumlaki sendiri merupakan nama kelurahan yang berada Pulau Yamdena di Kecamatan Tanimbar Selatan.

Tim UBIQU mengunjugi salah satu Puskesmas terbesar di Saumlaki yang telah memasang layanan internet UBIQU yang digunakan untuk operasional Puskesmas sehari-hari.

Kami bertemu dengan Ibu Velomina selaku Kepala Puskesmas Saumlaki.  Beliau berbagi cerita tentang Puskesmas Saumlaki yang telah memiliki pelayanan rawat jalan, poli umum yang dapat melayani untuk berbagai penyakit, poli gigi, laboratorium, MTBS, kesehatan ibu dan anak, serta terdapat juga layanan rawat inap untuk pasien yang perlu rawat inap. Dalam sehari Puskesmas ini mampu melayani pasien rawat jalan hingga sebanyak 60 Р70 pasien per hari.

UBIQU yang sudah terpasang di Puskesmas Saumlaki ini memiliki manfaat yang begitu besar karena dapat mempermudah pengiriman laporan ke pusat setiap hari nya dan tidak tertunda.

Untuk layanan BPJS Kesehatan di Puskesmas ini juga menjadi lebih mudah semenjak hadirnya akses internet dari UBIQU. Karena sistem BPJS Kesehatan dapat langsung online dengan pusat.

Sebelum ada layanan internet sateit UBIQU, pelaporan online data BPJS dilakukan dengan menggunakan handphone staf Puskesmas dan harus mencari sinyal dahulu, kenang Ibu Velomina.

Ibu Velomina berharap, dengan adanya layanan internet UBIQU di Puskesmasnya,  dapat memberikan pelayanan masyarakat untuk kesehatan dengan lebih baik.