tanjung kasau

Perkebunan Tanjung Kasau Terbebas dari Masalah Konektivitas Internet

Berikut ini adalah cerita dari partner UBIQU dalam melakukan instalasi internet satelit UBIQU di perkebunan Tanjun Kasau milik PT Perkebunan Sumut (PSU) – BUMD Perkebunan Propinsi Sumatera Utara.

Perkebunan Tanjung Kasau berada di daerah desa Tanjung Kasau, kecamatan Sei Suka, kabupaten Batu Bara, berada di luar kota Tebing Tinggi yang jaraknya ±17 km dari pusat kota.

Keinginan PSU untuk pemasangan internet di perkebunan miliknya sudah ada sejak tahun 2019, karena kebutuhan integrasi sistem laporan keuangan dari setiap unit kebun yang dimiliki oleh PSU agar dapat cepat diterima di kantor pusat.

Namun permasalahannya konektifitas jaringan yang ada di kebun-kebun milik PSU tidak mendukung sehingga laporan keuangan sering terlambat yang tentu saja mengganggu aktifitas dan kinerja PSU.

Instalasi Perangkat

Hari pertama, Kamis, 8 Oktober 2020, tim UBIQU yang diwakili oleh Mitra PSN Bapak Abdul Kadir dibantu dengan Riko Ramadhani serta Tim Kandir PSU diwakili oleh PIC Bapak Indra Wijaya, berangkat ke lokasi perkebunan Tanjung Kasau setelah mengambil perangkat dari Depo PSN.

mengambil perangkat di depo PSN
Pick up perangkat UBIQU dari Depo PSN Medan

Tiba di lokasi, tim UBIQU segera melakukan pemasangan perangkat di site 1 pada Kantor KTU Tanjung Kasau, dibantu oleh tim teknisi dari Perkebunan Tanjung Kasau serta dipandu tim teknis PSN melalui sambungan telepon.

Perakitan UBIQU di Kantor KTU Perkenunan Tanjung Kasau

Tim UBIQU juga akan melanjutkan pemasangan di site 2 di Kantor PPKS Tanjung Kasau yang letaknya beberapa kilo meter dari Kantor KTU.

Lokasi Kantor PPKS terletak di dataran tinggi dengan kondisi jalan yang agak rusak sehingga diperlukan kendaraan khusus. Jalan yang masih tanah merah dan berbatu membuat perjalanan bagai memasuki kawasan off road.

Tiba di lokasi Kantor PPKS menjelang malam, tim UBIQU segera menurunkan perangkat dan mulai merakitnya, sementara setup koneksi akan dilakukan esok harinya.

Perakitan UBIQU di Kantor PPKS

Setup Koneksi

Hari berikutnya, Jumat, 9 Oktober 2020 tim UBIQU kembali melanjutkan proses untuk setup koneksi di site 2 Kantor PPKS.

Terdapat sedikit kendala pada saat setup pointing dikarenakan menentukan posisi dari azimut, elevansi dan polarisasi dari antena. Namun akhirnya hal tersebut dapat berhasil dilakukan.

Lanjut setup koneksi di Kantor PPKS

Selanjutnya dilakukan proses pengujian koneksi LAN dan WiFi menggunakan modem dan access point di Kantor PPKS dan semuanya berhasil dilakukan dengan baik.

Tim juga melakukan proses serah terima dan training singkat dengan PIC di PPKS yang nantinya bertanggung jawab terhadap perangkat UBIQU.

Serah terima dengan PIC di Kantor PPKS

Sabtu, 10 Oktober 2020, tim UBIQU kembali melanjutkan setup koneksi di Kantor KTU.

Belajar dari pengalaman pemasangan UBIQU di Kantor PPKS akhirnya setup koneksi internet dapat berhasil dilakukan. Hasil pengetesan koneksi internet LAN dan WiFi di dalam Kantor KTU dapat berjalan dengan baik.

Proses selanjutnya serah terima pekerjaan dilakukan sebagai bukti bahwa pekerjaan pemasangan dan instalasi internet satelit UBIQU sudah selesai dilakukan.

Serah terima pekerjaan di Kantor KTU Tanjung Kasau

Akhirnya setelah 3 hari, pekerjaan instalasi perangkat internet satelit UBIQU selesai dilakukan oleh tim UBIQU yang terdiri dari Tim Kandir dan Mitra PSN, dengan mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga yang tidak pernah didapatkan selama ini.

Tim Kandir PSU dan Mitra PSN mendapatkan ilmu di dalam instalasi dan setup perangkat UBIQU yang selama ini biasanya dilakukan oleh teknisi terlatih dari PSN.