sun outage

Mengenal Sun Outage dan efeknya pada sistem komunikasi satelit

Sun Outage adalah gangguan atau distorsi sinyal satelit dalam menerima data atau mengirimkan data yang disebabkan oleh gelombang sinar Matahari.

Terjadinya hal ini dapat mengganggu sistem komunkasi satelit-satelit geostasioner yang berada pada garis khatulistiwa.

Satelit geostasioner sendiri merupakan satelit yang menempati orbit pada ketinggian 36.000 kilometer dari permukaan bumi dan bergerak dengan kecepatan yang sama persis dengan kecepatan rotasi bumi, sehingga satelit terlihat seolah-olah diam jika di lihat dari permukaan bumi.

Pada saat Sun Outage, jalur matahari berada segaris dengan satelit geostasioner yang mengorbit di atas ekuator dan penerima satelit di bumi. Hal ini menyebabkan gelombang sinyal dari satelit ke penerima sinyal terinterferensi oleh gelombang sinar matahari.

Karena posisi antara matahari, satelit geostasioner dan penerima satelit di bumi berada dalam satu garis lurus, fenomena ini kerap juga disebut sebagai gerhana satelit.

Equinox

Sun Outage terjadi sebelum equinox Maret (antara bulan Februari dan Maret) dan setelah equinox September (antara bulan September dan Oktober) untuk belahan bumi utara, dan terjadi setelah equinox Maret dan sebelum equinox September untuk belahan bumi selatan.

Equinox sendiri adalah fenomena astronomi ketika matahari melintasi garis khatulistiwa. Fenomena ini secara periodik berlangsung dua kali dalam setahun, yaitu pada Maret dan September.

Pada saat equinox, matahari tepat berada segaris dengan satelit geostasioner yang mengorbit di atas ekuator dan penerima satelit dib.

Efek Sun Outage Pada Sistem Komunikasi Satelit

Pada saat Sun Outage, radiasi sinar matahari memancar kuat di seluruh spektrum, termasuk frekuensi gelombang mikro yang digunakan untuk komunikasi satelit baik itu C band, Ku band, dan Ka band.

Efek pada sistem komunikasi satelit berkisar dari degradasi komunikasi parsial (peningkatan tingkat kesalahan) hingga gangguan yang memutus komunikasi. Hal inilah yang menyebabkan sinyal satelit terganggu sehingga layanan satelit seperti VSAT, internet satelit, telepon satelit, ATM, GSM dan televisi dapat terganggu atau berhenti berfungsi untuk sementara waktu.

Apakah layanan internet satelit UBIQU terdampak Sun Outage?

Karena layanan UBIQU adalah layanan internet yang menggunakan satelit, dan satelit yang digunakan adalah satelit geostasioner maka pada saat Sun Outage layanan UBIQU juga akan mengalami gangguan.

Gangguan ini biasanya hanya berlangsung singkat kira-kira durasinya 10 menit sampai 30 menit dalam beberapa hari masa dan umumnya terjadi dua kali dalam setahun.

Semua satelit geostasioner akan mengalami Sun Outage selama masa equinox namun dengan waktu yang berbeda-beda. Perbedaaan waktu terjadinya pada masing-masing satelit tergantung dari orbit lokasi satelit geostasiner maupun penerima satelit yang digunakan oleh sarana komunikasi yang bersangkutan.

Comments are closed.