bit-byte

Mengenal Bit dan Byte Satuan Komputasi Digital

Bit dan Byte

Bit merupakan sebuah kata yang cukup sering diucapkan oleh pengguna teknologi internet. Bit  biasanya digunakan untuk menyebutkan kecepatan internet. Sementara Byte biasanya digunakan untuk hal yang berhubungan dengan storage seperti flashdisk dan harddisk.

Jika dilihat dari penggunaannya, keduanya terlihat berbeda meskipun sebenarnya byte merupakan kumpulan dari bit. Pada awal penggunaannya, byte memiliki ukuran panjang yang tidak tetap. Namun, saat ini ukurannya telah tetap yaitu 1 byte sama dengan 8 bit. Bit sendiri adalah ukuran terkecil data dalam komputer dan merupakan kependekan dari istilah binary digit yang digunakan oleh John W. Tukey saat menulis memo untuk Bell Labs pada tanggal 9 Januari 1947. Bit terdiri hanya dari dua buah angka, yaitu “satu” dan “nol”. Meskipun begitu, komputer akan mengombinasikan kedua angka tersebut menjadi lebih kompleks sehingga bisa menghasilkan berbagai informasi.

Bit untuk kecepatan data

Dalam dunia internet, bit digunakan untuk menyebutkan kecepatan atau jumlah bit yang ditransfer dalam waktu satu detik atau bps (bit/second). Di Indonesia, hingga saat ini satuan bps yang sering digunakan adalah kbps (kilobit/second) yang artinya ada 1.000 bit data ditransfer dalam satu detik. Selain itu, ada juga mbps (megabit/second) yang artinya ada 1.000.000 bit data ditransfer dalam satu detik.

Byte untuk ukuran data

Sementara Byte, merupakan istilah yang digunakan untuk penyimpanan data. Baik istilah untuk menyebutkan kapasitas penyimpanan data seperti flashdisk, maupun istilah untuk menyebutkan ukuran data atau sebuah file. Penghitungan Byte berbeda dengan cara menghitung satuan lain pada umumnya. Misalnya, 1 kilogram biasanya sama dengan 1.000 gram. Namun, nilai 1 kB tidak sama dengan 1.000 Bytes. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah nilai Byte yang sering digunakan saat ini:

  • 1 Byte = 8 bit
  • 1 Kilobytes = 1024 Bytes
  • 1 Megabytes = 1024 Kilobytes
  • 1 Gigabytes = 1024 Megabytes
  • 1 Terabytes = 1024 Gigabytes

Penulisan b dan B

Hingga saat ini, masih banyak pengguna internet yang salah memahami istilah bit dan bytes. Misalnya saja saat menggunakan internet dengan kecepatan 3 Mbps, maka mereka berharap kecepatannya sangat tinggi yaitu 3 Megabytes/second. Padahal, singkatan tersebut digunakan untuk megabit/second. Untuk penyebutan Megabytes/second sendiri, singkatan yang digunakan adalah MBps.

Meskipun singkatan tersebut sudah umum digunakan di Indonesia dan beberapa negara lainnya, ternyata penggunaan “b” untuk menyebut bit dan “B” untuk menyebut Bytes masih belum diakui secara internasional. Alasannya, karena huruf “b” masih terlalu general jika digunakan untuk penyebutan kedua istilah ini. Apalagi, masih ada beberapa negara lain yang menggunakan istilah lain untuk penyebutan bit. Meskipun begitu, Indonesia masih tetap menggunakannya sebagai singkatan satuan komputasi digital.

Comments are closed.