login wifi di cafe

Langkah Memulai Usaha WiFi di Daerah Tanpa Sinyal

Internet merupakan kebutuhan yang semakin penting di era digital saat ini. Banyak orang yang memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan, seperti belajar, bekerja, berbisnis, berkomunikasi, hiburan, dan lain-lain. Namun sayangnya tidak semua daerah di Indonesia memiliki akses internet yang memadai. Masih banyak daerah yang belum terjangkau oleh sinyal internet dari operator seluler maupun penyedia layanan internet (ISP) berbasis kabel atau fiber optik.

Hal ini tentu menjadi kendala bagi masyarakat di daerah tersebut, namun hal tersebut juga menjadi peluang bagimu yang ingin membuka usaha WiFi di daerah tanpa sinyal. Kamu bisa memberikan solusi bagi masyarakat di daerahmu yang membutuhkan internet dengan menyediakan WiFi berbayar yang menggunakan internet berteknologi satelit.

Internet berteknologi satelit adalah jenis internet yang menggunakan satelit sebagai media transmisi data. Internet satelit dapat menjangkau area yang sangat luas, bahkan hampir seluruh daerah di Indonesia, termasuk di daerah tanpa sinyal.

Salah satu penyedia layanan internet satelit di Indonesia adalah UBIQU dari PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN). PSN adalah perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia yang memiliki dan mengoperasikan satelitnya sendiri dan menjadi salah satu operator satelit dengan kapasitas terbesar di Indonesia. UBIQU memiliki produk unggulan bernama SINYALKU, yaitu layanan internet satelit yang ditujukan untuk membuka usaha wifi di daerah tanpa sinyal.

SINYALKU memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  • Pemasangan dan perawatan yang mudah dan cepat.
  • Tidak dikenakan biaya bulanan.
  • Sistem billing dan voucher yang mudah dan terintegrasi
  • Harga paket internet dengan harga terjangkau dan fleksibel.
  • Layanan tambahan untuk penjualan pulsa GSM dan pembayaran online (PPOB).

Langkah Mudah Memiliki SINYALKU

  1. Hubungi tim UBIQU melalui website resmi mereka di www.ubiqu.id atau melalui nomor telepon layanan pelanggan mereka di 021-5093-8888. Kamu bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan internet, lokasi pemasangan, biaya pemasangan, dan lain-lain.
  2. Setelah menentukan paket internet yang sesuai dengan kebutuhanmu, Kamu bisa melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 
  3. Selanjutnya perangkat internet satelit yang terdiri dari antena parabola, modem satelit serta router WiFi outdoor akan segera dikirimkan ke alamatmu.
  4. Kemudian teknisi akan datang ke tempatmu untuk memasang perangkat internet satelit serta memberikan panduan dalam pengoperasian SINYALKU dengan menggunakan aplikasi Android SINYALKU.
  5. Setelah peralatan terpasang dengan benar, kamu bisa mengaktifkan perangkat SINYALKU dan mulai menjalankan usaha wifi dengan menggunakan sistem billing dan voucher yang sudah terintegrasi melalui aplikasi SINYALKU. 
    Kamu bisa membuat voucher WiFi dengan harga dan durasi yang bervariasi, selain itu kamu juga bisa menawarkan layanan tambahan seperti penjualan pulsa GSM dan pembayaran online (PPOB).

Simak juga beberapa tips berikut ini yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha WiFi di daerah dengan SINYALKU:

1. Mengetahui Target Pasar

Kenali target pasar di daerahmu, apakah warga masyarakat di daerahmu membutuhkan akses internet atau tidak, apakah ada potensi digunakan untuk anak sekolah, pekerja atau rumah tangga. Kamu nanti juga dapat menyesuaikan jenis voucher dari sisi kuota dan harga berdasarkan potensi target pasarnya.

2. Tentukan Lokasi Usaha yang Tepat

Lokasi usaha yang tepat sangat membantu dan mempermudah mendapatkan pelanggan. Kamu bisa memilih lokasi yang strategis yang mudah dijangkau pelanggan dengan lalu lintas orang yang cukup tinggi seperti di pinggir jalan utama atau wilayah padat penduduk tetapi sedikit masuk ke dalam.

3. Kuasai Pengetahuan tentang Internet dan WiFi

Ketika akan memulai usaha, tentu kamu harus memahami betul layanan dan produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, kamu juga perlu mengetahui hal tentang Internet dan perangkat WiFi.

Tidak dipungkiri kamu mungkin juga akan menemukan pengguna baru yang belum mengetahui tentang internet, email, social media dan lainnya, disini kamu dapat mengenalkan mengenai Internet, memandu membuat email, membuat social media dan berbagai manfaat positif lainnya.

Selain itu kamu juga perlu mengetahui mengenai jaringan WiFi, bagaimana untuk mengoptimalkan kinerja WiFi sekaligus mengatasi kendala jika terjadi kesalahan dalam jaringan WiFi.

4. Harga Voucher yang terjangkau

Tentu saja salah satu tujuan dalam memulai usaha adalah untuk memperoleh keuntungan dari usaha tersebut. Namun bukan berarti kamu harus mematok tarif tinggi untuk keuntungan maksimal.

Kamu dapat membuat voucher yang dapat disesuaikan dengan kebiasaan pelanggan di daerahmu dengan harga yang tidak terlalu tinggi dari tariff yang sudah ditetapkan. Kamu juga bisa membuat promo untuk menarik pelanggan untuk terus menggunakan layanan WiFi Internetmu.

5. Fasilitas Tambahan

Sebagai pelengkap, kamu dapat memberikan fasilitas tambahan untuk pelanggan untuk kenyamanan dalam berinternet. Kamu dapat menyediakan kursi, meja, serta tempat yang teduh untuk kenyamanan pelanggan.

Kamu juga dapat menyediakan berbagai minuman atau juga makanan ringan (camilan) untuk menemani pelanggan yang tengah memanfaatkan layanan WiFi.

SINYALKU sendiri juga menyediakan fasilitas layanan tambahan berupa pembayaran online (PPOB) untuk pembelian pulsa, game online, pembayaran listrik dan lain-lain yang dapat menambah pendapatan usahamu.

Usahakan pada saat memulai usaha, kamu juga melakukan promosi untuk mendatangkan pelanggan. Dapat berupa pemasangan banner atau spanduk, poster, selebaran atau mempromosikan dari mulut ke mulut.

Demikianlah langkah mudah memulai usaha WiFi di daerah tanpa sinyal menggunakan internet berteknologi satelit dengan menggunakan layanan UBIQU SINYALKU. Dengan usaha ini, kamu tidak hanya bisa mendapatkan keuntungan, tetapi juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar yang membutuhkan internet. Selamat mencoba!

Comments are closed.