UBIQU digunakan dalam pemulihan akses telekomunikasi pada gempa Lombok

Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mengerahkan 8 unit layanan Internet Satelit VSAT Ku-band UBIQU di berbagai daerah yang terkena dampak gempa Lombok untuk pemulihan akses telekomunikasi dan koordinasi penanganan bencana.

Pada bencana Lombok yang terjadi bulan lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) melalui Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (BAKTI) mengerahkan akses layanan internet dalam mendukung akses telekomunikasi yang mengalami kendala di wilayah gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Salah satu bentuk dukungan Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dalam hal ini adalah dengan mengerahkan 8 unit layanan Internet Satelit VSAT Ku-band UBIQU di berbagai daerah yang terkena dampak gempa.

VSAT UBIQU ditempatkan tersebar dibeberapa lokasi Posko Desa Bayan, Posko Sambik Elen, Posko BNPB Kantor Bupati Lombok, Posko Dusun Darul Mujahidin – Desa Genggalang, Posko ESDM Siaga Bencana, Posko Bhayangkara Pemenang – Lombok Utara, Posko Induk Desa Kekkait – Lombok Barat dan Posko Sankareang Kantor Gubernur.

Layanan akses internet VSAT UBIQU ini juga digunakan bersama dengan Yayasan Air Putih untuk tanggap bencana di daerah Lombok Utara untuk mendukung koordinasi penanganan bencana dan untuk memudahkan komunikasi serta update informasi di daerah terdampak.

Foto sumber: Kominfo, AirPutih.org