Layanan Internet Satelit UBIQU hadir di distrik Ravenirara, Jayapura

Pada masa modern ini, akses internet menjadi sebuah kebutuhan untuk membantu kegiatan sehari-hari dari pribadi hingga kegiatan perkantoran dan dengan internet juga dapat membangun ekonomi suatu daerah. Kini internet bukan hanya untuk mendapatkan informasi yang begitu cepat namun banyak manfaat lainnya yang dapat dinikmati.

Seperti pada masa pandemi ini, banyak sekali kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah, sekarang dilakukan di dalam rumah. Seperti anak-anak yang memulai belajar via online, karyawan perkantoran yang remote pekerjaannya dari rumah hingga banyaknya usaha rumahan yang ditawarkan via internet dan banyak lagi kegiatan lainnya.

Namun sayangnya masih banyak daerah yang belum dapat merasakan kemudahan dalam akses internet di masa pandemi ini. Misalnya beberapa daerah di Papua, salah satunya di distrik Ravenirara.

Namun kini, pemerintah Kabupaten Jayapura akhirnya menghadirkan layanan  jaringan internet satelit menggunakan UBIQU dari PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) di wilayah distrik Ravenirara.

Bekerjasama dengan Gerai UBIQU yang berada di Papua, pemerintah Kabupaten Jayapura menghadirkan layanan internet untuk masyarakat sekitar.

Layanan internet satelit UBIQU dipilih karena mampu menghadirkan akses internet di daerah susah sinyal dengan teknologi satelit.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustav Griapon mengatakan, selain untuk membuka keterisolasian warga setempat  jaringan VSAT yang dihadirkan itu untuk program pemberdayaan ekonomi masyarakat desa agar dapat lebih maju dan masyarakat dapat menikmati manfaat dari akses internet yang ada.

“Juga hadirnya VSAT  untuk mendukung langkah pemerintah dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan metode online,” ungkap Gustav Griapon. Ia mengatakan ada 10 perangkat yang sudah dibawa ke daerah itu. Perangkat itu akan di pasang di distrik dan empat kampung yang ada di distrik tersebut.

Proses pemasangan VSAT UBIQU dilakukan oleh teknisi yang sudah terpercaya dari PT. PSN. Pemasangan saat ini sedang berlangsung dan beberapa kampung sudah selesai dan sudah dapat memulai kegiatan dengan akses internet dari UBIQU.

“Sekarang masyarakat sudah  mulai terbuka dari keterisolasiannya, karena kami sudah fasilitasi pemasangan jaringan internet menggunakan VSAT,” kata Gustav Griapon.

Dari empat kampung yang ada di distrik Ravenirara kini sudah menggunakan layanan jaringan VSAT dan masing-masing dipasang dua perangkat.

Satu perangkat dari masing-masing kampung itu untuk menunjang kegiatan dan aktifitas di kantor. Sementara satu perangkat lainya digunakan untuk kegiatan usaha yang nantinya akan dikelola oleh Bumdes.

“Jadi disana masing-masing kampung itu ada BUMDES, sehingga masyarakat juga bisa mengakses internet melalui jaringan yang disediakan melalui BUMDES ini. Pemerintah berharap semoga ini bisa bertumbuh dan berkembang,” tambahnya. 

Untuk #temanubiqu yang di Papua kini juga dapat terbebaskan dari keterisolasian. Temui kami segera di Gerai Penjualan Ubiqu Papua.

JAYAPURA
Gerai Penjualan UBIQU
Jl. Wiratama Tanah Hitam
Kel. Asano, Distrik Abepura
Jayapura, Papua, Indonesia (0967) 557 2001 /  0823 9874 1014

https://papua.antaranews.com/berita/568042/pemkab-jayapura-hadirkan-layanan-vsat-distrik-ravenirara