Di Daerah Juga Bisa Ikutan Daftar Kartu Prakerja

Kartu Prakerja hadir untuk mengembangkan keterampilan serta kompetensi bekerja, awalnya sasaran penerima Kartu Prakerja berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah ataupun kuliah.

Namun mengingat COVID-19, program diprioritaskan juga bagi pekerja dan pelaku usaha mikro, kecil yang terdampak. Jadi untuk Anda yang sudah bekerja, karyawan dan korban PHK juga boleh mendaftarkan program Kartu Prakerja.

Tujuan pelatihan Kartu Prakerja adalah memberikan keterampilan yang dapat digunakan untuk kebutuhan industri maupun berwirausaha. Alternatif pelatihannya antara lain kursus bahasa, menguasai aplikasi komputer, keterampilan kecantikan hingga cara mendapatkan penghasilan dari media sosial serta berjualan secara online.

Setiap orang yang mengikuti program Kartu Prakerja akan memperoleh uang senilai Rp. 3.550.000 dengan rincian biaya pelatihan Rp. 1.000.000 untuk tiga kali kursus, lalu Rp. 2.400.000 untuk bantuan manfaat yang di bagi untuk 4 bulan, serta Rp. 150.000 untuk insentif pengisian survei yang dibagi tiga kali pencairan.

Cara Mendaftar

Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang pertama dibuka mulai 11 hingga 16 April 2020 pukul 16.00 WIB diluar jam itu akan masuk ke gelombang berikutnya.

Sebelum mendaftar pastikan kalau kamu memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

• WNI
• Minimal berusia 18 tahun
• Sedang tidak menempuh pendidikan formal

Lalu bagaimana untuk Anda yang ingin mendaftar di program Prakerja ? Mudah sekali, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu dengan menggunakan email aktif dengan membuka laman https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

Data yang dimasukan akan diverifikasi terlebih dahulu. Setelah diverifikasi, Anda bisa login ke akun Kartu Prakerja dengan membuka laman www.prakerja.go.id

Ikuti Pelatihan Online

Setelah berhasil mendaftar kamu harus ikut Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar yang bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki.

Kemudian ikuti kelas pelatihan online yang kamu inginkan melalui platform digital yang digandeng pemerintah. Pilihannya sangat beragam mulai dari penulisan, fotografi, jualan online dan lain-lain.

Terdapat delapan platform digital pelatihan online dari kartu pra kerja yang dapat kamu pilih.

  1. Tokopedia https://www.tokopedia.com/discovery/kartu-prakerja
  2. Skill Academy by Ruang Guru https://skillacademy.com/prakerja
  3. Mau Belajar Apa https://maubelajarapa.com/kartuprakerja/
  4. Bukalapak https://www.bukalapak.com/kupon/cari?keywords=voucher%20belajar
  5. Pintaria https://pintaria.com/kartuprakerja
  6. Sekolahmu https://www.sekolah.mu/daftar-prakerja/
  7. Kemnaker https://prakerja.kemnaker.go.id/
  8. Pijar https://pijarmahir.id/kartuprakerja

Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih. Tunggu Apalagi? Belajar gratis, dapat insentif pula. Dengan Kartu Prakerja, raih masa depan lebih cerah!

Kartu Prakerja memiliki tenggal waktu berlaku yaitu sampai 31 Desember 2020. Saldo Kartu Prakerja juga akan hangus bila kartu tidak digunakan pada modul pelatihan pertama. Maka manfaatkan sesuai dengan arahan pemerintah ya, jadi kartu ini bukan untuk menggaji pengangguran dengan cuma-cuma.

Dan mengingat pendaftaran secara online dan beberapa kursus juga akan berjalan dengan online, untuk Anda yang tinggal di pedalaman tak perlu khawatir. Ubiqu memiliki Layanan Fit Xtra https://ubiqu.id/paket-fit dan Layanan Big Xtra https://ubiqu.id/paket-big yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.