ubiqu untuk perkebunan - pertambangan

Solusi Internet untuk daerah pertambangan dan perkebunan

Beberapa lokasi pertambangan atau perkebunan yang berada di daerah remote seringkali menghadapi kendala sistem komunikasi khususnya akses internet karena keterbatasan jaringan. Hal ini karena tidak tersedianya jaringan terestrial seperti fiber, GSM maupun radio yang dapat menjangkau daerah kerja yang umumnya terdapat di daerah pelosok atau lokasi yang cukup sulit dijangkau akses umum.

Kendala komunikasi tentu saja dapat menghambat proses pekerjaan baik di lapangan maupun untuk berkomunikasi dengan kantor pusat dalam hal laporan, monitoring proses kerja maupun keselamatan kerja. Saat ini Internet telah menjadi salah satu kebutuhan komunikasi yang dibutuhkan untuk menunjang operasional perusahaan untuk menghubungkan kantor pusat dan site yang berada di remote.

Solusi Internet Satelit

Salah satu solusi untuk mengatasi masalah sistem komunikasi khususnya Internet untuk daerah pertambangan dan perkebunan yang berada di remote yang memiliki keterbatasan tidak tersedianya jaringan terestrial seperti fiber GSM maupun radio dapat memanfaatkan Internet satelit yang menggunakan perangkat VSAT (Very Small Aperture Terminal).

Kenapa menggunakan internet satelit? Berbeda dengan jaringan terrestrial yang berada di permukaan, satelit berada di atas langit bumi dan memiliki area cakupan yang lebih luas hingga ke penjuru daerah. Sehingga terminal satelit seperti VSAT dapat di pasang di mana saja seperti di daerah remote, pulau terluar, gunung, huan dan tempat lainnya.

Internet Satelit UBIQU

Salah satu penyedia layanan internet satelit di Indonesia adalah UBIQU dari Pasifik Satelit Nusantara–perusahaan operator satelit swasta pertama di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 30 tahun. UBIQU adalah layanan internet satelit berbasis Ku-band dengan perangkat antenna VSAT berukuran kurang dari 1m dengan teknologi internet satelit terbaru.

UBIQU dapat dijadikan solusi kebutuhan internet di daerah pertambangan atau perkebunan yang terdapat di area pelosok atau pedalaman yang belum terjangkau atau belum terlayani baik oleh layanan internet fiber optik atau GSM 3G/4G.

UBIQU sendiri telah terpasang ribuan titik di seluruh Indonesia dan menjadi solusi  koneksi internet untuk instansi pemerintahan, swasta/perusahaan, sekolah, pedesaan (kantor desa), Usaha Kecil Menengah (UKM), Puskesmas, pertambangan, perkebunan dan berbagai sektor lainnya.

Perusahaan pertambangan dan perkebunan dapat memanfaatkan layanan UBIQU untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan dan komunikasi antara kantor pusat dan site. 

Sementara untuk karyawan perusahaan atau warga sekitar di daerah pertambangan dan perkebunan juga dapat memanfaatkan layanan internet satelit UBIQU sebagai sarana komunikasi dengan keluarga/kerbat serta mendapatkan kabar informasi terbaru.

Ragam Pilihan Layanan UBIQU

Layanan UBIQU tersedia dengan ragam pilihan paket berlangganan, yaitu UBIQU FIT yang berbasis kuota, UBIQU BIG dengan kuota unlimited serta yang terbaru UBIQU MAX dengan teknologi HTS terbaru.

UBIQU FIT cocok untuk penggunaan aktifitas browsing, e-mail, social media hingga chatting. Penggunaan berbasis kuota yang dapat di top-up sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk yang memiliki kebutuhan internet lebih besar dapat memilih UBIQU BIG yang hadir dengan kuota internet lebih besar dan unlimited dengan batas penggunaan yang wajar atau fair usage policy (FUP).

Sedangkan UBIQU MAX adalah layanan terbaru UBIQU yang menggunakan teknologi HTS (High Througput Satellite) sehingga memiliki kecepatan yang lebih cepat dengan harga yang lebih terjangkau.

Layanan UBIQU juga menyediakan top-up kuota internet jika kuota utama layanan telah habis atau telah melewati batas penggunaan.

Kesimpulannya, Internet Satelit seperti VSAT dapat menjadi solusi internet bagi perusahaan pertambangan dan perkebunan yang terkendala jaringan komunikasi yang terbatas. Saat ini internet lewat satelit telah mengalami perkembang teknologi sehingga dapat menawarkan kecepatan yang lebih baik dan harga yang lebih terjangkau. Tidak ada salahnya untuk memilih penyedia layanan yang kredibel dan sudah terpercaya demi kelancaran komunikasi perusahaan Anda di kemudian hari. Hubungi kami jika Anda ingin menggunakan layanan UBIQU.

Comments are closed.