internet satelit solusi daerah tanpa sinyal

Internet Satelit Sebagai Solusi Akses Internet Untuk Daerah Tanpa Sinyal

Internet menjadi teknologi yang sudah umum dimanfaatkan oleh masyarakat saat ini. Bahkan, akan banyak sekali masalah yang bisa timbul ketika koneksi internet bermasalah, baik dari segi pekerjaan, pendidikan, ekonomi, komunikasi, dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak semua daerah di Indonesia sudah bisa menikmati akses internet ini. Sebab, masih banyak lokasi di Indonesia yang belum tersedia akses internet yang memadai, khususnya daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar & Tertinggal), dikarenakan aspek geografis negara Indonesia yang berbentuk kepulauan membuat pihak penyedia layanan internet mengalami kesulitan untuk menggelar layanannya.

Namun, masalah ini bisa terselesaikan dengan kehadiran internet satelit, yaitu jaringan internet menggunakan teknologi satelit yang berada di atas bumi, yang berbeda dengan jaringan terrestrial seperti fiber optik, radio, GSM (3G/4G/5G) atau kabel ADSL.

Apa sih Internet Satelit itu ?

Perangkat Internet Satelit

Internet Satelit adalah layanan Internet dengan menggunakan media transmisi satelit yang berada di atas bumi (luar angkasa).

Penggunaan satelit yang berada di atas bumi (luar angkasa) memiliki area cakupan yang luas, sehingga membuat internet satelit dapat menjangkau seluruh wilayah di Indonesia bahkan hingga ke daerah -daerah 3T (terpencil, terluar, dan tertinggal).

Internet satelit merupakan solusi internet untuk di daerah rural atau 3T (Terdepan, Terluar & Tertinggal) yang terkendala dengan aspek geografis dan ketiadaan infrastruktur komunikasi lainnya.

Internet satelit menggunakan perangkat berupa VSAT (Very Small Apparature Terminal) yang dipasang pada sisi pengguna serta modem satelit untuk mengirim dan menerima sinyal internet ke dan dari satelit.

Cara Kerja Internet Satelit

Cara kerja internet satelit secara sederhana dapat diterangkan melalui 3 tahapan berikut ini:

cara kerja internet satelit 1

Tahap 1

Setiap anda melakukan permintaan ke internet contohnya membuka halaman website, permintaan anda akan dikirimkan melalui satelit di atas bumi (luar angkasa) dengan ketinggian sekitar 35rb km dari bumi.

cara kerja internet satelit 2

Tahap 2

Kemudian satelit akan meneruskan permintaan anda dan berkomunikasi dengan Network Operations Center (NOC) untuk mengarahkan ke server tujuan halaman website di internet.

cara kerja internet satelit 3

Tahap 3

Server tujuan halaman website di internet akan mengirimkan kembali informasi yang diinginkan melalui tahapan yang berbalikan, yaitu melalui NOC, lalu diteruskan ke satelit dan hadir sebagai informasi di hadapan Anda.

Kelebihan Internet Satelit

Salah satu kelebihan internet satelit adalah memiliki area cakupan yang sangat luas sehingga dapat di pasang di mana saja,  baik di desa atau kota, di pegunungan atau di daerah pesisir dan kepulauan, hingga ke daerah pelosok sekalipun yang belum terjangkau layanan komunikasi lainnya.

coverage-indonesia
Area cakupan satelit bisa menjangkau seluruh Indonesia

Selain itu berikut ini adalah beberapa kelebihan internet satelit lainnya, antara lain:

  • Perangkat VSAT modern dengan ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dalam pengiriman.
  • Proses pemasangan perangkat yang relatif mudah dan cepat
  • Minim perawatan atau pemeliharaan
  • Memiliki kecepatan dan bandwidth yang tinggi yang mampu bersaing dengan layanan internet lainnya.

Internet Satelit UBIQU

Salah satu provider penyedia layanan internet satelit dengan VSAT di Indonesia adalah UBIQU dari PT. Pasifik Satelit Nusantara, sebagai perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia.

Untuk membantu daerah pelosok agar bisa menikmati internet, UBIQU memiliki beberapa paket berlangganan seperti paket FIT yang berdasarkan kuota atau paket BIG untuk akses internet unlimited yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Juga tersedia paket berlangganan baru yaitu paket MAX, untuk akses internet unlimited dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu UBIQU juga memiliki paket untuk usaha WiFi internet dan layanan pembayaran online dengan nama SINYALKU.

UBIQU memiliki ukuran perangkat antenna VSAT yang relatif kecil dengan diameter kurang dari 1 meter, sehingga lebih mudah dalam pemasangan serta tidak membutuhkan banyak tempat/ruang.

Menggunakan teknologi internet satelit terbaru dengan modem yang kecil dan berdaya rendah, UBIQU dapat memberikan koneksi internet dengan kecepatan hingga 10 Mbps bahkan di daerah terpencil sekalipun.

Manfaat Internet Satelit

Dengan menggunakan internet melalui satelit, memungkinkan percepatan pemerataan akses internet hingga ke daerah-daerah 3T (Terdepan, Terluar & Tertinggal) yang sebelumnya sulit dijangkau infrastruktur komunikasi dan internet lainnya.

Masyarakat di desa dapat memanfaatkan internet untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai pertanian, peternakan, dan sebagainya yang bisa membantu memajukan desanya. Selain itu untuk pendidikan di sekolah-sekolah internet juga dibutuhkan untuk pembelajaran/ujian secara online/virtual.

Internet satelit juga sangat dapat digunakan dalam berbagai bidang lainnya, seperti kesehatan: untuk di Puskesmas atau di Rumah Sakit, area perkebunan atau area pertambangan yang tidak ada akses jaringan internet lainnya, sektor pariwisata atau perhotelan yang membutuhkan koneksi internet atau akses WiFi, dan lain sebagainya.