Pusat Bantuan

Frequently Asked Question (FAQ) / Tanya Jawab tentang ubiqu

Pertanyaan yang sering diajukan tentang ubiqu

Produk

ubiqu adalah layanan internet satelit broadband terbaru dari PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) yang menggunakan teknologi VSAT Ku-band terkini, memberikan kecepatan tinggi, efisien, stabil dan sesuai dengan cuaca di Indonesia.

Koneksi di mana saja di seluruh Indonesia
Karena ubiqu menggunakan teknologi satelit dengan coverage hingga ke seluruh Indonesia, maka ubiqu dapat digunakan dimana saja bahkan di daerah yang tidak ada jaringan komunikasi terrestrial seperti Radio, GSM, Kabel dan Fiber Optik.

Akses Internet cepat hingga 10 Mbps
Kecepatan akses internet ubiqu hingga 10 Mbps sehingga cocok dengan berbagai macam aplikasi internet seperti browsing, e-mail, social media, streaming music/video dan lainnya.

Harga kompetitif dengan variasi paket
ubiqu memiliki beberapa pilihan paket yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan dengan harga yang kompetitif.

Sesuai dengan cuaca di Indonesia
ubiqu menggunakan teknologi terbaru DVBS2X forward channel yang lebih efesien dan return channel memiliki fitur Advanced Low Density Parity Coding (LDPC) dan Adaptive Inroute Selection (AIS) sehingga memiliki performansi terbaik di berbagai macam kondisi cuaca.

Layanan ubiqu dapat digunakan siapa saja  yang membutuhkan koneksi internet, dapat digunakan di rumah, sekolah, pedesaan (kantor desa), usaha kecil menengah (ukm), sekolah, klinik, rumah sakit dan lain-lain.

ubiqu juga dapat digunakan untuk berbagai macam jenis bisnis usaha, seperti jaringan ritel, perhotelan, perbankan, industri, perkebunan, jaringan distribusi atau perusahaan dengan banyak cabang.

Perangkat ubiqu terdiri dari

  • Perangkat VSAT
    • Antena dengan diameter 97cm.
    • Mounting Antenna VSAT yang dapat dipasang di dinding atau lantai
    • BUC + Kabel 20 m
  • Modem Satelit + Kabel LAN RG45
  • Wifi Router

Untuk Paket Layanan Bulanan ubiqu ada 2 tipe, yaitu :

  1. PAKET FIT
    Paket berlangganan quota based yang dirancang untuk user dengan aktivitas browsing di social media, forum, web berita maupun chatting. Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat disini.
  2. PAKET BIG
    Paket berlangganan unlimed dengan fair usage policy (FUP) dan quota yang lebih besar. Untuk informasi lebih lanjut dapat di lihat disini.

Untuk berlangganan ubiqu, beberapa biaya akan dikenakan kepada Pelanggan sesuai persyaratan dan kondisi yang berlaku yaitu:

  1. Harga Perangkat, biaya yang dikenakan pada saat pertama kali kepada Pelanggan untuk pembelian perangkat ubiqu. Biaya ini hanya dikenakan 1 kali.
  2. Biaya Pengiriman dan Instalasi, biaya yang dikenakan untuk pengiriman dan instalasi perangkat ke lokasi Pelanggan.
  3. Biaya Paket Layanan Bulanan, biaya yang dikenakan setiap bulan berdasarkan paket layanan yang dipilih.

Untuk informasi lebih lanjut biaya Paket Layanan Bulanan dapat di lihat pada halaman PAKET FIT dan PAKET BIG.
Untuk catatan, biaya-biaya yang dikenakan dapat berubah sewaktu-waktu.

  • Menggunakan antena kecil dengan diameter 97cm.
  • Harga perangkat VSAT lebih murah.
  • Kecepatan lebih tinggi dengan harga bandwidth atau berlangganan yang lebih terjangkau.
  • Instalasi lebih cepat karena perangkat yang ringkas.

ubiqu saat ini menggunakan satelit JCSAT 4B di 124° East dan akan beralih ke satelit PSN-VI dengan teknologi HTS (High Throughput Satellite) di 146° East yang akan meluncur di akhir 2018.

Pelanggan ubiqu akan mendapatkan IP Private DHCP.

Pelanggan dapat melakukan downgrade atau upgrade paket kapanpun dengan mengajukan perubahan paket di web self care di https://my.ubiqu.id/

Perubahan paket ini otomatis akan berlaku pada Billing Cycle berikutnya.

Pelanggan tetap diharuskan membayar tagihan yang tertera pada Billing Print sebelumnya (bulan berjalan). Penyesuaian kelebihan/kekurangan bayar akan dicantumkan pada Billing Print bulan berikutnya.

Layanan

Bila Pelanggan tidak melakukan pembayaran biaya bulanan, maka akun Pelanggan akan disuspend hingga dilakukannya pembayaran. Billing period tetap tidak berubah setelah dilakukannya pembayaran.

Suspend akan dibuka kembali bila pelanggan telah melakukan pembayaran tagihan.

Pelanggan diperbolehkan berhenti berlangganan sebelum masa kontrak berakhir. Namun pelanggan akan dikenakan biaya penyambungan bila ingin berlangganan kembali senilai Rp 500.000. Namun bila diperlukan kunjungan untuk proses penyambungan, maka pelanggan akan dikenakan biaya delivery dan instalasi sesuai biaya yang berlaku saat itu.

Besaran SLA yang digaransikan adalah sebesar 97 %.

SLA adalah perjanjian antara penyedia layanan dengan konsumen terkait kualitas layanan yang diberikan.

Besaran latency layanan ini rata-rata dikisaan 500 – 600 ms karena menggunakan transmisi satelit.

Latency adalah jumlah waktu yang dibutuhkan paket data untuk berpindah di seluruh koneksi jaringan. Ketika sebuah paket sedang dikirim, ada “latency/delay” waktu, ketika komputer yang mengirim paket menunggu konfirmasi bahwa paket telah diterima.

ubiqu pada dasarnya adalah layanan internet broadband seperti halnya layanan internet pada umumnya, yang membedakan adalah ubiqu menggunakan media transmisi satelit. Sehingga layanan voip, video conference seperti skype atau whatsapp dapat berjalan dan dimungkinkan meskipun memilii latency yang cukup tinggi.

Layanan yang saat ini ditawarkan khusus untuk Internet. Untuk layanan VPN dapat disediakan dengan penawaran yang berbeda. Hubungi tim sales kami untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan VPN ini.

Quota

Quota adalah besaran data yang diberikan kepada pelanggan sesuai dengan pilihan paket yang dipilih. Besaran quota di ubiqu dihitung dalam besaran GB (Giga Bytes).

Quota internet ubiqu dihitung secara otomatis melalui sistem dengan memperhitungkan total trafik upload dan download. Pelanggan tetap dapat melakukan koneksi internet selama quota masih ada.

 

Quota Reguler adalah quota internet yang diberikan dan dapat digunakan selama 24 jam setiap hari.

Sedangkan Quota Bonus adalah quota internet tambahan yang diberikan dan dapat digunakan pada jam tertentu dan hari tertentu sesuai dengan syarat dan kondisi.

Pada saat Quota Reguler habis, pelanggan Paket FIT tidak dapat menggunakan internetnya dan pelanggan Paket BIG akan diturunkan speednya ke up to 128/64 Kbps.

Apabila masih ada sisa Quota Bonus maka quota ini masih dapat digunakan untuk kedua jenis paket.

Untuk dapat kembali menggunakan internetnya dan kembali kepada kecepatan normal, pelanggan diharuskan melakukan top up quota dengan jenis voucher quota yang diinginkan.

Pelanggan dapat mengakses Web Self Care di my.ubiqu.id, kemudian pilih menu Pembelian Voucher dan ikuti langkah yang tertera hingga melakukan pilihan pembayaran yang tersedia. Pelanggan harus memastikan modem dalam keadaan menyala saat dilakukan top up voucher.

Quota akan bertambah dalam rentang waktu 15 menit setelah pembelian voucher dilakukan. Rentang waktu tersebut adalah rentang waktu yang diperlukan oleh sistem ubiqu untuk mensinkronisasi quota yang ada.

Top up voucher tersedia dengan beberapa nominal berikut ini dengan masa aktif mengikuti masa billing period.

  1. Quota 250 MB, Rp 40.000,-
  2. Quota 750 MB, Rp. 75.000,-
  3. Quota 1 GB, Rp. 120.000,-
  4. Quota 2 GB, Rp. 200.000,-
  5. Quota 5 GB, Rp. 485.000,-

Harga sudah termasuk PPN

Untuk pengisian voucher, pastikan modem dalam keadaan on dan tunggu sekitar 15 menit agar sistem dapat mensinkronisasi penambahan quota baru.

Jika quota anda tetap tidak bertambah setelah lewat lebih dari 1 jam, segera hubungi layanan pelanggan kami.

Ya ada. Masa aktif top-up voucher akan mengikuti billing period. Apabila masih ada sisa quota di akhir billing period, maka sisa quota itu akan hangus.

 

Sisa quota anda secara otomatis akan hangus dan quota bulanan baru akan ditambahkan sesuai paket layanan yang terdaftar dengan syarat tagihan bulanan telah anda lunasi.

Billing/Tagihan

Billing cycle adalah periode penggunaan layanan selama satu bulan. ubiqu memiliki 2 billing cycle antara lain:

  1. Untuk layanan yang dimulai tanggal 1 – 15, maka billing cyclenya adalah tanggal 16 sampai dengan tanggal 15 bulan berikutnya.
  2. Untuk layanan yang dimulai tanggal 16 – 30 (atau 31, tergantung jumlah hari di bulan tersebut), maka billing cyclenya adalah tanggal 1 – 30 (atau- 31, tergantung jumlah hari di bulan tersebut)  bulan berikutnya.

Billing print adalah periode cetak tagihan dan terdapat tanggal jatuh tempo pembayaran. ubiqu memiliki 2 billing print antara lain:

  1. Untuk layanan yang dimulai tanggal 1 – 15, maka billing printnya adalah tanggal 1 dengan jatuh tempo pembayaran tanggal 15 bulan berikutnya.
  2. Untuk layanan yang dimulai tanggal 16 – 30 (atau 31, tergantung jumlah hari di bulan tersebut), maka billing printnya adalah tanggal dengan jatuh tempo pembayaran tanggal 30 atau 31 (akhir bulan) di bulan yang sama.

Bila pelanggan tidak melakukan pembayaran biaya bulanan, maka akun pelanggan akan disuspend hingga dilakukannya pembayaran. Billing cycle dan billing print tidak akan berubah.

Sisa quota pelanggan secara otomatis akan hangus dan quota bulanan baru akan ditambahkan sesuai paket yang terdaftar apabila tagihan bulanan telah dilunasi.

Karena sistem ubiqu bersifat prepaid, dimana pembayaran adalah untuk pemakaian quota bulan berikutnya, bukan menambah quota yang sekarang.

Jika ingin menambah quota, pelanggan harus melakukan top-up voucher dengan nominal yang diinginkan.

Quota akan bertambah secara otomatis jika telah masuk waktu billing cycle di bulan berikutnya.

Jika paket sudah tidak dapat digunakan, besar kemungkinan quota paket telah habis sebelum masuk waktu billing cycle bulan berikutnya. Silahkan melakukan top-up voucher untuk mendapatkan quota tambahan.

Delivery dan Instalasi

Untuk delivery dan instalasi perangkat di lokasi pelanggan akan ditangani langsung oleh tim instalasi PSN. Kami akan berupaya secepat mungkin untuk proses delivery dan instalasi di lokasi anda.

Dibutuhkan kerjasama dan koordinasi dengan pihak pelanggan dalam hal penerimaan perangkat, persiapan instalasi dan keamanan di lokasi tujuan.

Karena alasan standarisasi teknis dan keamanan, kami tidak menyarankan pelanggan melakukan delivery dan instalasi sendiri. Kami memiliki standar proses delivery dan proses instalasi yang dilakukan oleh teknisi yang tersertifikasi.

Lamanya waktu delivery dan instalasi biasanya memakan waktu kurang lebih 7 – 21 hari kerja sejak pembayaran pertama dilunasi (yang terdiri dari biaya perangkat, biaya delivery, biaya instalasi, dan biaya berlangganan bulan pertama).

Untuk area yang tagihan informasinya belum muncul, berarti belum terdapat data delivery dan instalasi untuk lokasi tersebut di sistem. Silakan hubungi kami atau informasikan kepada tim ubiqu melalui Layanan Pelanggan baik via Chat, Telepon atau e-mail.

Bantuan

Pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan kami di (021) 8990 0333 maupun fasilitas chat yang tersedia selama 24 jam/7 hari seminggu, atau melalui web self care di https://my.ubiqu.id/ di bagian Pengaduan.

Untuk memperoleh layanan ubiqu, calon pelanggan dapat menghubungi sales ubiqu melalui telepon (021)8990 0333, fungsi chat di website atau email ke sales@ubiqu.id.

Tidak menemukan jawaban yang Anda cari ?